Jumat, 25 Mei 2012

RPP SMK RESTORAN


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Program Keahlian               : Restoran
Mata Pelajaran                     : Kompetensi Kejuruan Restoran
Kelas/ Semester                   : X / 2
Standar` Kompetensi          : Menyediakan layanan makanan dan minuman        
                                             ( Provide Food And Beverage Service )
Kode Kompetensi                : ITHHBFBS03AIS / PAR.HT02.003.01
Alokasi Waktu                      : 50 x 45 Menit

I    KOMPETENSI DASAR
1.    Menyiapkan hidangan/area restoran untuk pelayanan
2.    Menyiapkan dan mengatur meja

II   TUJUAN PEMBELAJARAN
      Diharapkan  pada akhir pelajaran siswa dapat :
1.    Menjelaskan jenis-jenis peralatan yang ada di restoran dengan tepat
2.    Melay-out ruangan restoran sesuai standar industri
3.    Menjelaskan tekhnik menata meja ( Table Set-up ) sesuai dengan standar industri
4.    Menjelas teknik merangkai bunga sesuai dengan fungsinya
5.    Menjelaskan teknik melipat serbet ( Folding the Napkin )

III  MATERI PEMBELAJARAN
    
1.    Persiapan perlengkapan hidang meliputi : glassware, cutleries, lena, condiment, furniture, assessories.
2.    lay-out restoran sesuai dengan standar industri
3.    Teknik melipat serbet ( Folding the napkin )
4.    Laying the cover
5.    Table set-up
6.    Teknik merangkai bunga

IV   METODE PENGAJARAN
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Demonstrasi

V   METODE PENILAIAN
  1. Written Test
  2. Interview Test
  3. Simulasi

VI  SUMBER BELAJAR
1.    Waiter Hand Book
2.    Modul Food And Beverage Service
3.    Peralatan Restoran

VI  STRATEGI / SKENARIO PEMBELAJARAN

NO
K     E     G     I     A      T     A     N
FASILITATOR
PESERTA DIDIK
1
KEGIATAN BELAJAR 1

*         Berdoa
*         Ceck kehadiran siswa
*         Mengulangi kembali pelajaran yang lalu dengan cara :
§  Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi  yang terdahulu
§  Memberikan keterangan singkat mengenai materi yang lalu dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari


*         Ketua kelas memimpin untuk berdoa
*         Menjawab pertanyaan yang diberikan fasilitator
*         Memberikan pertanyaan jika masih ada materi yang belum dimengerti atau dipahami

*         Menjelaskan :
§  Tekhnik Penyiapan Hidangan / area Restoran
§  Menyiapkan dan mengatur  meja


*         Mendengarkan dan memperhatikan dengan konsentrasi, serta mencatat hal-hal yang penting
2
*         KEGIATAN BELAJAR 2

*         Berdoa
*         Ceck kehadiran siswa
*         Mengulangi kembali pelajaran yang lalu dengan cara :
§  Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi  yang terdahulu
§  Memberikan keterangan singkat mengenai materi yang lalu dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari


*         Ketua kelas memimpin untuk berdoa
*         Menjawab pertanyaan yang diberikan fasilitator
*         Memberikan pertanyaan jika masih ada materi yang belum dimengerti atau dipahami

*         Menjelaskan :
§  Menyiapkan dan mengatur  meja




*         Mendengarkan dan memperhatikan dengan konsentrasi, serta mencatat hal-hal yang penting


NO
K     E     G     I     A      T     A     N
FASILITATOR
PESERTA DIDIK
3
KEGIATAN  BELAJAR 3










*         Berdoa
*         Ceck kehadiran siswa
*         Mengulangi kembali pelajaran yang lalu dengan cara :
§  Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi  yang terdahulu
§  Memberikan keterangan singkat mengenai materi yang lalu dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari
*         Ketua kelas memimpin untuk berdoa
*         Menjawab pertanyaan yang diberikan fasilitator
*         Memberikan pertanyaan jika masih ada materi yang belum dimengerti atau dipahami

*         Membagi siswa menjadi 6 kelompok yang beranggotakan 4 orang, seperti dalamgambar :


 










*         Siswa duduk menurut kelompok masing-masing,setiap anggota kelompok diberi nomor 1,2,3,4

*         Memberikanmateri pelajaran kepada setiap anggota kelompok dengan topik yang berbeda
*         Tim 1 ( Beranggotakan enam orang yaitu anggota no 1 pada kelompok A,B,C,D,E, dan  F ) diberi materi : Tekhnik Penyiapan Hidangan / area Restoran
*         Tim 2 dengan Materi : Teknik Melipat Serbet dan Teknik Merangkai Bunga
*         Tim 3 dengan materi : Jenis-jenis table setting
*         Tim 4 dengan materi : Teknik Table Setting
*         Memberikan kesempatan untuk menjelaskan kepada anggota kelompok lain

*         Duduk sesuai dengan kelompok yang ditentukan

*         Setiap anggota kelompok menerima materi
NO
K     E     G     I     A      T     A     N


FASILITATOR
PESERTA DIDIK
4
KEGIATAN  BELAJAR  4 dan 5


*         Berdoa
*         Ceck kehadiran siswa
*         Mengulangi kembali pelajaran yang lalu dengan cara :
§  Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi  yang terdahulu
§  Memberikan keterangan singkat mengenai materi yang lalu dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari

*         Ketua kelas memimpin untuk berdoa
*         Menjawab pertanyaan yang diberikan fasilitator
*         Memberikan pertanyaan jika masih ada materi yang belum dimengerti atau dipahami

*         Membentuk kelompok baru, berdasarkan kesamaan materi yang telah diperoleh sebelumnya,


 












*         Anggota kelompok ini dianggap sebagai  tim ahli, selanjutnya anggota tim kembali kekelompok asal







*         Menyediakan kebutuhan yang diperlukan peserta didik




*         Mendiskusikan topik yang sama dalam kelompok baru sesuai dengan materi yang telah diterima sebelumnya











*         Kembali kekelompok asal sebagai Tim ahli ( menjadi pakar pada kelompok asal ) yang selanjutnya harus menjelaskan materi yang didiskusikan dikelompok tadi kepada anggota kelompoknya.
*         Seluruh anggota tim dalam kelompok asal, yang bertindak sebagai tim ahli dengan topik yang berbeda.
*         Mempresentasikan secara bergantian dan anggota lain memperhatikan .
NO
K     E     G     I     A      T     A     N


FASILITATOR
PESERTA DIDIK
6
KEGIATAN  BELAJAR  6

*         Berdoa
*         Ceck kehadiran siswa
*         Menyimpulkan kembali hasil diskusi peserta didik dengan cara:
§  Tanya jawab
§  Memberikan keterangan singkat mengenai materi yang telah didiskusikan.
§  Written Test ( Tes tertulis )
*         Ketua kelas memimpin untuk berdoa
*         Menjawab pertanyaan yang diberikan fasilitator
*         Memberikan pertanyaan jika masih ada materi yang belum dimengerti atau dipahami

*         Mengikuti tes tertulis
7
*         KEGIATAN BELAJAR 7

*         Mengadakan remedial bagi siswa yang belum kompeten
*         Mengikuti remedial bagi siswa yang belum kompeten


VII  EVALUASI

§   Written Test
SOAL
1.    jelaskanlah secara singkat jenis-jenis peralatan tata hidang !
2.    Uraikanlah dengan jelas teknik / syarat-syarat lay-out ruangan restoran
3.    Semua peralatan yang akan kita gunakan, harus kita poleshing terlebih dahulu, jelaskanlah tujuannya !
4.    Pada saat waiter menginventaris alat, ternyata ditemukan ada alat yang pecah atau hilang, bagaimana tindakan anda sebagai seorang waiter?
5.    Jelaskanlah dengan singkat jenis-jenis penataan dibawah ini :
§   Basic Cover
§   Ala Carte Cover
§   Table D’hote Cover
§    Elaborrate Cover

6.    Gambarkan dan uraikanlah  salah satu langkah membuat satu macam model lipatan serbet yang anda kuasai !


§   Tes Praktik
SOAL
1.    Anda diminta untuk melakukan poleshing peralatan sesuai dengan standar Industri
2.    Anda diminta untuk menata meja Table d’hote


Diperiksa Oleh,                                                        Padang, Januari 2009
Waka Kurikulum                                                      Fasilitator,




Dra. Ilna                                                                     Dra. Aflely Dewiva
NIP. 131 788 730                                                     NIP. 131 997 185

Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 9 Padang





Suharto Sisar, S. Pd. M. T
NIP. 131 886 268

















UNIT TASK KOMPETENSI

UNIT CODE              : ITHHBFBS03AIS
UNIT TITLE               : PROVIDE FOOD AND BEVERAGE SREVICE

ELEMEN
PERFORMANCE CRITERIA
STANDARD OPERATION PROCEDURE
1. Menyiapkan hidangan / atau area restoran untuk layanan
1.1  Area makan dan restoran dibersihkan atau diperiksa atas kebersihannya sesuai dengan prosedur perusahaan
Area restoran di check kebersihannaya
§  Floor
§  Wall/ceilling
§  Windows/ mirror/door
§  Vitrase
§  Counter
§  Dll

1.2  Fasilitas pelangan diperiksa dan dibersihkan sebelum pelayanan
Semua fasilitas pelanggan diperiksa kebersihannay dan keadaannya :
§  Meja
§  Kursi
§  Toilet
§  Wastafel
§  Dll

1.3  Area sekitar yang menyenangkan disiapkan untuk pelayanan termasuk penyesuaian penerangan dan musik bila perlu
Menyiapkan :
§  Taman dalam ruangan
§  Merangkai bunga untuk dimeja makan
§  Penerangan
§  Musik

1.4  Meja dan kursi ditata sesuai dengan persyaratan perusahaan atau permintaan pelanggan
Ruang restoran di lay out dengan memperhatikan :
§  Lalu lintas kerja waiter
§  Kerapihan
§  Dll

1.5  Rancangan furniture memastikan kenyamanan dan keselamatn staff dan pelanggan


1.6  Perlengkapan diperiksa disiapkan untuk pelayanan
Alat-alat yang diperlukan untuk pelayanan diperiksa kelengkapannya seperti :
§  Lena
§  Cutleries
§  Water goblet
§  Chinaware
§  Assesories
§  Other aquipment




ELEMEN
PERFORMANCE CRITERIA
STANDARD OPERATION PROCEDURE

1.7  Kontak dilakukan dengan staff dapur dan informasi dicari tentang variasi menu
Tanyakan pada staff dapur tentang menu yang tersedia pada hari ini
2. Menyiapkan dan mengatur meja
2.1  Meja disusun dengan benar sesuai dengan standar perusahaan dan waktu yang telah ditetapkan sesuai dengan permintaan tamu
§  Periksa meja dan kursi dalam kondisi bersih
§  Lay out restoran dengan memperhatikan :
§  Arus lalu lintas kerja waiter
§  Keselamatan kerja

2.2  Bila perlu menggunakan secara tepat tekhnik pemasangan lena meja
§  Teklhnik  membentangkan table cloth
§  Meja Persegi
§  Meja bulat
§  Tekhnik membentangkan slip cloth
§  Meja persegi
§  Meja bulat
§  Tekhnik melipat napkin

2.3  Kebersihan dan kondisi meja dan seluruh item-item meja diperiksa sebelum pelayanan
§  Tekhnik poleshing alat
§  Tekhnik penataan side board
§  Tekhnik table setting

2.4  Item-item yang tidak memenuhi standar perusahaan diidentifikasikan dan dipindahkan dari area layanan
§  Barang-barang yang tidak diperlukan dalam pelayanan disimpan saja

2.5  Masalah yang timbul diidentifikasikan dan dilaporkan kepada orang yang tepat
§  Jika terjadi masalah cepat atasi atau selesaikan dan laporkan kepada orang yang tepat










DAFTAR BUKTI BELAJAR (EVIDENCE OF LEARNING )

UNIT TITLT                            : PROVIDE FOOD AND BEVERAGE SERVICE
UNIT CODE                          : ITHHBFBS03AIS


NO
KOMPTENSI / SUB KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
ASPEK
P / K / S
INDIKATOR
BUKTI BELAJAR
1
Menyiapkan hidangan / area restoran untuk pelayanan
v  Area pelayanan makanan dan minuman dibersihkan sesuai prinsip sanitasi hygiene
P / K
v  Membersihkan area makan dan minum sesuai prinsip sanitasi hygiene
v  Lembar informasi
v  Foto hasil
v  Laporan proses
v  Assesment Matrix
v  Observation Check List
v  Bank Questions
v  Lembar konsultasi
v  Fasilitas pelayan diperiksa dan dibersihkan sebelum pelayanan
P / K
v  Memeriksa dan membersihkan semua fasilitas pelayanan sesuai dengan prosedur perusahaan sebelum proses pelayanan
v  Area yang nyaman disiapkan secara rapi (termasuk penerangan dan musik )
K
v  Menyiapkan area pelayanan yang nyaman sesuai standar perusahaan
v  Meja dan kursi ditata sesuai dengan standar perusahaan atau permintaan pelanggan

v  Menata meja dan kursi sesuai standar perusahaan dan permintaan pelanggan



NO
KOMPTENSI / SUB KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
ASPEK
P / K / S
INDIKATOR
BUKTI BELAJAR


v  Rancangan perabot ditata untuk kenyamanan dan keselamatan staff dan pelanggan
K
v  Menata perabot sesuai dengan prinsip kenyamanan dan keselamatan kerja

2
Menyiapkan dan mengatur meja
v  Lipatan napkin disiapkan secara rapi dan menarik
K
v  Melipat napkin secara rapi dan menarik
v  Bunga dirangkai sesuai dengan fungsinya
P / K
v  Menentukan bentuk rangkaian bunga sesuai dengan fungsi dan karakteristik bunga
v  Merangkai bunga sesuai fungsinya
v  Meja disusun dengan benar sesuai lay out
P / K
v  Membuat lay out penataan meja
v  Menyusun meja dengan tepat sesuai lay out
v  Pemasangan lena meja dilakukan berdasarkan prosedur yang berlaku
K
v  Memasang lena sesuai dengan prosedur yang berlaku
v  Per;lengkapan meja ditata sesuai dengan lay out penataan
K
v  Menata perlengkapan meja sesuai dengan lay out
v  Kebersihan dan kondisi meja serta perlengkapannya diperiksa sebelum pelayanan

K
v  Memeriksa kebersihan & kondisi meja serta perlengkapan sesuai prosedur yang berlaku



Tidak ada komentar:

Posting Komentar