RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Pariaman
Mata Pelajaran : Survey
dan Pemetaan
Jurusan/Program Keahlian :
Bangunan/Teknik Konstruksi Bangunan
Kelas/semester : 2 / 1
Jumlah pertemuan : 1 kali
Waktu :
1 x 45 menit
2.
Standar Kompetensi :
Setelah proses pembelajaran ini
diharapkan siswa dapat menerapkan apa itu yang dimaksud dengan pengukuran
system polar.
3.
Kompetensi dasar :
Setelah
mempelajari materi ini siswa mampu melakukan pengukuran sistem polar dengan
baik dan tepat pada setiap ukuran dan bacaan.
4.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Semua
siswa dapat memahami penjelasan teori tentang pengukuran sistem polar.
2.
Semua
siswa diharapkan dapat menerangkan kegunaan dari pengukuran sistem polar
tersebut.
3.
Semua siswa dapat menghitung vulume sistem polar.
5. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi ini
diharapkan siswa dapat memahami
pengertian dari pengukuran system polar tersebut serta
dapat melakukan pengukurannya dengan baik dan melakukan perhitungan yang benar
dengan ketentuan dengan rumus
6 Teori Singkat
Untuk mendatarkan suatu lapangan bebas,
bisa dilakukan pengukuran dengan system polar untuk mendapatkan ketinggian
masing-masing titik pada setiap titik batas lapangan dan luas serta banyak
galian dan timbunan.
Hasil pengukuran dengan system ini
membentuk lapangna menjadi beberapa segitiga-segitiga beraturan, sudut magnetis
dan sudut pusat sentral serta sisi sisi segitiga yang mengapit sudut sentral.
6.
Materi Pelajaran
- Pengertian pengukuran sistem polar
- Pengukuran dilapangan
- Perhitungan volume
7.
Alokasi Waktu : 45 menit
8.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab
9.
Kegiatan Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Metode Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Media Pembelajaran
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
a.
Salam Pembuka
b.
Mengelola kelas
c.
Membangkitkan Motivasi
d.
Memusatkan Perhatian Peserta
Didik
Kegiatan Inti
Pembelajaran
a.
Penjelasan
tentang teori sistem polar
b.
Menyusun
rapi dan sistematis data-data yang didapat dari pengukuran sistem polar
c.
Perhitungan
volume sistem polar
Penutup
a.
menanyakan komentar dan
materi yang kurang dipahami.
b.
Tindak lanjut
|
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
- Ceramah
-
Tanya Jawab
-Menyimpulkan
|
5 menit
35 menit
5 menit
|
- papan tulis
- spidol
|
10.
Penilaian
Pada
akhir kegiatan guru memberikan lembaran soal dan penilaian yang diselesaikan
oleh siswa.
Contoh lembaran soal dan penilaian
Lembaran soal
Nama :......................................
Kelas :......................................
Kompetensi
Dasar : Siswa
mengetahui pengertian dari pengukuran system polar tersebut dan perhitungannya.
No
|
Soal
|
Uraian Jawaban
|
Skor maks
|
Skor siswa
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Maksimal
|
|
|
Nilai
Siswa = Jumlah skor didapat x 10
Jumlah
skor maksimal
11. Sumber Belajar
1. Hand Out Bpk. Sami’an
2. Soetomo wongso sucipto
Diketahui/Disahkan
Kepala Sekolah Guru
yang Bersangkutan
(…………………...)
(EDO KURNIAWAN)
NIP NIM : 00531/2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar