SILABUS
Nama Sekola :
SMK Negeri 5 Padang
Program Studi :
Teknik Konstruksi Bangunan
Kode Mata Pelajaran :
………….
Nama Mata Pelajaran :
Mekanika Teknik
Standar kompetensi : Siswa memahami
jenis-jenis beban yang bekerja pada tumpuan, menentukan besarnya reaksi dan
aksi, serta menghitung besarnya gaya-gaya batang dengan metode ritter dan
cremona.
Semester :
1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Siswa
memahami pengertian tentang gaya yang bekerja pada tumpuan
|
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian gaya.
2.
Siswa
dapat menjelaskan gaya-gaya pada tumpuan.
|
Pengertian gaya, dan Gaya pada tumpuan.
|
Ceramah, Diskusi
|
Latihan Soal
|
60 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa
mampu melukiskan arah kerja gaya dan resultante gaya
.
|
1.
Siswa
dapat menjelaskan arah kerja gaya.
2.
Siswa
mampu melukiskan arah kerja gaya.
3.
Siswa
mampu menentukan resultante gaya.
|
Melukis Gaya Dan Menentukan Resultante Gaya
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
60 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa
Mampu Mengurai gaya dengan menggunakan metode penguraian gaya.
|
1.
Siswa
dapat mengurai gaya terhadap sumbu X dan Y.
2.
Siswa
mampu mengurai gaya dengan dengan garis sembarangan.
|
Mengurai Gaya terhadap sumbu XY dan garis
Sembarangan.
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Latihan Soal dan Tugas
|
90 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa
mampu menjelaskan pembagian atau jenis-jenis beban.
|
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian beban.
2.
Siswa
dapat menjelaskan jenis-jenis beban.
|
Jenis-Jenis Beban
|
Ceramah, Diskusi
|
Latihan Soal dan Tugas
|
60 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa
mampu menjelaskan pengertian dan cara kerja momen.
|
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian momen.
2.
Siswa
dapat menjelaskan cara kerja momen.
|
Momen dan Cara Kerjanya
|
Ceramah, Diskusi
|
Tugas
|
60 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami jenis-jenis
tumpuan, konstruksi dan beban.
|
1.
Siswa
dapat mengetahui gaya-gaya yang bekerja pada tumpuan.
2.
Siswa
dapat menguasai proses kerja gaya
lintang, gaya normal dan gaya momen.
|
Jenis-jenis
tumpuan,
konstruksi
dan beban
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal dan Tugas
|
60 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami beban titik.
|
1.
Siswa
dapat menyelesaikan perhitungan reaksi pada tiap-tiap tumpuan
2.
Siswa
dapat menyelesaikan perhitungan momen yang terjadi pada kostruksi sederhana
3. Siswa dapat
menggambar an gaya Normal, gaya lintang dan gaya momen
|
Konstruksi
sederhana
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
90 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
UJIAN TENGAN SEMESTER
|
||||||
Siswa mampu memahami beban terbagi
merata segiempat.
|
1.
Siswa
dapat menyelesaikan perhitungan reaksi dan momen akibat beban.
2.
Siswa
dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen
|
Konstruksi
sederhana
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
90 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami beban terbagi
merata segitiga
|
1.
Siswa
dapat menyelesaikan perhitungan reaksi dan momen akibat beban
2.
Siswa
dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen
|
Konstruksi
sederhana
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
90 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami cara kerja
beban titik dan beban terbagi rata di lapangan.
|
1.
Siswa
mampu menjelaskan cara kerja beban titik.
2.
Siswa
dapat menjelaskan contoh penempatan beban titik dan beban terbagi rata.
|
Konstruksi
sederhana
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
100 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami beban gabungan
|
1.
Siswa
dapat menyelesaikan perhitungan reaksi dan momen akibat beban gabungan
2.
Siswa
dapat menggambarkan gaya lintang dan gaya momen
|
Konstruksi
sederhana
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
100 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami
Konstruksi Cantilever.
|
1.
Siswa
dapat menyelesaikan perhitungan pada konstruksi Cantilever
2.
Siswa
dapat menggambarkan gaya lintang
dan
gaya momen
|
Konstruksi
sederhana
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
100 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami
konstruksi rangka batang : Metode Ritter
|
Siswa dapat menghitung
gaya-gaya pada batang dengan menggunakan Metode Ritter
|
Konstruksi
Rangka batang
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
100 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
Siswa mampu memahami konstruksi
rangka batang : Metode Cremona
|
Siswa dapat menghitung gaya-gaya
pada batang dengan menggunakan Metode Cremona
|
Konstruksi
Rangka batang
|
Ceramah, Diskusi dan Latihan Soal
|
Hasil Latihan Soal
|
100 menit
|
Buku, Bahan Ajar
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
HANDOUT
SEKOLAH : SMK N 5 Padang
KELAS :
1
SEMESTER : 2
JURUSAN : TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN
BIDANG : MEKANIKA TEKNIK
JUDUL :
BEBAN TITIK
SUB JUDUL :
MENGHITUNG REAKSI TUMPUAN BEBAN TITIK
WAKTU : 30
MENIT
OLEH : HADI PURWANTO
A.
Materi
1. Gaya
Pada dasarnya gaya
merupakan suatu beban yang memiliki berat atau satuan. Berdasarkan bebannya
gaya dibagi menjadi 2 yaitu ;
a. Beban
Titik
Beban titik merupakan gaya yang bekerja
pada sebuah bidang atau tumpuan, dimana luas bidang yang terpengaruh atau
dikenai relatif kecil.
misalnya; kolom, tekanan kaki meja,
roda mobil, dan lain-lain.
b. Beban
Terbagi Rata
Beban terbagi rata merupakan gaya yang
bekerja pada suatu struktur atau bidang, dimana luas permukaan beban dan bidang
yang terpengaruh relatif luas.
contoh; balok sloof, pondasi, plat, dan
lainnya.
2. Tumpuan
Tumpuan
merupakan suatu penyangga atau penahan konstruksi sebagai sistem untuk menahan
gaya-gaya luar yang bekerja pada konstruksi tersebut.
Beberapa jenis
tumpuan yaitu :
3. Reaksi
Reaksi merupakan gaya atau perlawanan
yang diberikan oleh tumpuan akibat adanya gaya aksi.
Contoh menghitung besarnya gaya reaksi
:
P = 10 ton
A B
5m 5m
Hitung
besarnya reaksi dari tumpuan diatas :
1. SMA
= 0
-RB
. 10m + P . 5m = 0
-RB
. 10m + 10 ton . 5m = 0
-RB
. 10m + 50tm = 0
-RB
. 10m = -50tm
RB =
RB = 5ton
2. SMB
= 0
RA
. 10m - P . 5m = 0
RA
. 10m - 10 ton . 5m = 0
RA
. 10m - 50tm = 0
RA
. 10m = 50tm
RA =
RA = 5ton
Kontrol
:
RA
+ RB = P
5
ton + 5 ton = 10 ton
10 on = 10 ton……………….OK!
Tugas:
Hitung
besarnya reaksi dari tumpuan diatas :
bisa minta tolong kirimkan rpp nya mas? delvinsimange25@gmail.com
BalasHapus