RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Sekolah : SMK N 5 Padang
Program
Keahlian : Teknik Bangunan
Mata
pelajaran : Statika Bangunan
Waktu : 1 x 30 Menit
Kelas/semester : X/1
Pertemuan
: II ( kedua )
2. STANDAR KOMPETENSI
Setelah mempelajari materi ini siswa dapat
mengitung reaksi yang terjadi pada suatu gelagar atau konstruksi dengan baik
dan benar.
3. KOMPETENSI DASAR
Setelah mempelajari materi ini
siswa dapat menyusun dan menguraikan gaya-gaya yang bekerja pada suatu gelagar.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN
Setelah selesai mempelajari
materi ini diharapkan siswa dapat
menjelasakan dan menghitung :
v Macam-macam
pembebanan
v Menyusun dan menguraikan gaya
a. garis sejajarnya sama
b.titik tangkapnya sama
c.titik tangakap berbeda
garis kerjanya berbeda
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan ini belajar diharapkan peserta didik memiliki kemampuan
tentang gaya, baik dari sebuah gaya menjadi beberapa buah gaya atau sebaliknya
dari beberapa gaya menjadi sebuah gaya. Hal inisebagai dasar untuk mempelajari
konstruksi statis tertentu dan untuk menghitung letak titik berat suatu
penampang yang pada akhirnya nanti dapat menghitung kekuatan konstruksi.
6. MATERI PEMBELAJARAN
- Macam-macam pembebanan
- cara menyusun dan menguraikan gaya-gaya dengan :
. gaya-gaya garis
kerjanya sama
. gaya-gaya titik
tangkapnya sama
. gaya-gaya garis kerja dan titik tangkapnya berbeda
8. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah,
tanya jawab, latihan dan diskusi
9. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Uraian kegiatan pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
a.
a.
Pendahuluan
· Salam pembuka
· Membangkitkan motivasi
· Memusatkan perhatian peserta didik
· Melakukan apersepsi
· Menyampaikan TUP/TKP
b. Kegiatan Inti
· Menjelaskan macam-maca pembebanan
· Menyusun dan mengurai kan gaya
a.menjelaskan
momen gaya
b.menjelaskan
cara analits dalam menyususun dan menguraikan gaya
Ø gaya-gaya garis kerjanya sama
Ø gaya-gaya dengan titik tangkapnya sama
Ø gaya-gaya titik tangkapnya dan garis kerja
nya berbeda
Ø latihan setiap pokok pembahasan
b.
Penutup
·
Merangkum
Merangkum materi yang telah dipelajari
· Tindak lanjut ( peek beck )
Memberikan soal-soal latihan
kepada siswa dan membahas soal-soal tersebut secara bersama-sama
· Menyampaikan pokok pembahasan meteri
yang akan di pelajari minggu depan
|
Ceramah,
dan
Tanya jawab
Ceramah, dan Tanya jawab
Ceramah, dan Tanya jawab
|
7 menit
15 menit
8 menit
|
OHP,
Em pokus/ powepoin,
Papan tulis,dan
Spidol
|
10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
v Evaluasi
1.
kehadiran =
10 %
2.
keaktifan =
10 %
3.
tugas =
20 %
4.
MID/UHS =
30 %
5.
UTS =
30 %
11. SUMBER BELAJAR
A. Hand Out
B. Modul
C. Buku-Buku Referensi
dosen pembimbing .2006. catacan kuliah mekanika terapan.fakultas
tekni
FT
unp.
Arief Darmali dan Ichwan. 1979. Ilmu
Gaya Sipil 1. Jakarta
: Direktorat
PMK, Depdikbud.
_____________________. 1979. Ilmu
Gaya Sipil 2. Jakarta
: Direktorat
PMK, Depdikbud.
Bustam Husin,
1989. Mekanika Teknik Statis Tertentu. Jakarta : Asona.
Frick. Heinz.
1979. Mekanika Teknik, Statika dan Kegunaannya 1.
Yogyakarta :
Kanisius.
__________.
1979. Mekanika Teknik, Statika dan Kegunaannya 2.
Yogyakarta :
Kanisius.
Gere dan
Timoshenko (terjemahan Hans J. Wospakrik). 1987. Mekanika
Bahan. Jakarta : Erlangga.
Hofsteede
J.G.C., Kramer P.J. dan Baslim Abas. 1982. Ilmu Mekanika
Teknik A. Jakarta : PT Pradnya Paramita.
_______________________________________.
1982. Ilmu Mekanika
Teknik C. Jakarta : PT Pradnya Paramita.
Soetojo
Tjolrodihardjo. 1998. Analisis Struktur. Yogyakarta : Biro Penerbit.
Trefor, J.R.
Lewis E.K, David, W.L. 1977. Introduction to
Structural Mechanics. Geat Britain
: Hodder and Strougton Educational.
Diketahui/disahkan
: Guru yang bersangkutan,
Kepala Sekolah
(…………………) ( Dasril )
NIP:
Hand Out
|
Waktu
: 1 x 30 menit
|
Mata Pelajaran : Statika Bangunan
|
Judul :
|
Program
Keahlian : Teknik Bangunan
|
Topik : menyusun dan menguraika gaya
|
1.TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini
diharapkan peserta didik memiliki kemampuan tentang gaya,
baik dari sebuah gaya menjadi beberapa buah gaya atau sebaliknya dari beberapa gaya
menjadi sebuah gaya.
Hal ini sebagai dasar untuk mempelajari konstruksi statis tertentu dan untuk
menghitung letak titik berat suatu penampang yang pada akhirnya nanti dapat
menghitung kekuatan konstruksi.
2. TEORI
A.
pengertian gaya
Gaya adalah diddepenisikan sebagai
sesuatu yang menyebabkan benda ( titik mentari ) bergerak baik dari diam maupun
dari gerak lambat menjadi lebih lambat maupun lebh cepat . Satuan
gaya menurut Sistem Satuan Internasional (SI)
adalah Newton
dan turunannya (kN). Akan tetapi ada yang memberi satuan kg gaya (kg). Bila gravitasi bumi diambil 10
m/detik2 maka hubungan satuan tersebut adalah 1 kg gaya (atau sering ditulis
1 kg) ekuivalen dengan 10 Newton. Pada gambar 8
dijelaskan
pengertian gaya tersebut.
B. Pengertian
Momen
Momen gaya
terhadap suatu titik didefisinikan sebagai hasilkali antara gaya dengan
jaraknya ke titik tersebut. Jarak yangdimaksud adalah jarak tegak lurus dengan
gaya tersebut. Momendapat diberi tanda positif atau negatif bergantung dari perjanjianyang
umum, tetapi dapat juga tidak memakai perjanjian umum,yang penting bila arah
momen gaya itu berbeda tandanya harus berbada.
C. Menyusun dan
menguraikan Gaya yang Setara
Istilah
lain menyusun gaya adalah memadu gaya atau mencari resultan gaya. Pada
prinsipnya gaya-gaya yang dipadu harus setara (ekuivalen) dengan gaya
resultannya.
Menyusun
dan menguraikan gaya ada 2 cara:yaitu cara analitis dan grafis
Bentuk-bentuk
gaya
Ø gaya-gaya garis kerjanya sama
gaya dengan segaris dapat di cari nilai Resultannya
dengan rumus:
Ø gaya-gaya dengan titik tangkapnya sama
Ø gaya-gaya titik tangkapnya dan garis kerja
nya berbeda
3. KESIMPULAN
Menyusun dan menguraikan
gaya merupakan sebagai dasar
untuk mempelajari konstruksi statis tertentu dan untuk menghitung letak titik berat suatu penampang yang
pada akhirnya nanti dapat menghitung kekuatan konstruksi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar